Suara Bocah Bekasi

Sabtu, 26 Januari 2013

MTS. ATTAQWA 16 KOTA BEKASI SIKAPI POSITIF KURIKULUM 2013




Pemerintah akan menggulirkan kurikulum terbaru tahun ini yaitu Kurikulum 2013. Banyak yang pesimis menyikapi adanya kurikulum baru ini. Namun, tidak demikian dengan MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi yang berlokasi di Jalan Perjuangan, Teluk Pucung, Bekasi Utara, Kota Bekasi.
“Kami yakin pemerintah telah melakukan analisis tentang  kurikulum ini. Jadi, kami yakin itu langkah yang baik,” ucap KH. A. Zubair Dasuki, S. Ag., M. Si., Kepala MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi.
MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi sebagai lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Agama menyikapi positif pemberlakuan kurikulum baru ini. Di antara bukti sikap positif tersebut adalah dengan diadakannya program peningkatan kualitas guru. 
“Dalam menyikapi kurikulum baru, kami berupaya meningkatkan kualitas guru. Jika kurikulum itu nanti benar-benar diberlakukan, kami sudah siap,” ucapnya menambahkan.
Program peningkatan kualitas guru yang diadakan MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi meliputi program peningkatan internal dan program peningatan eksternal.
Peningkatan internal diawali dengan diadakannya pembekalan keterampilan menulis bagi guru. Pada hari Sabtu, 26 Januari 2013, MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi mengadakan latihan menulis bahan ajar bagi guru. Tema yang diusung adalah “akhlak mulia.” Pemilihan tema ini berdasarkan asumsi bahwa kelebihan madrasah adalah pada akhlak para siswanya.
“Guru-guru kami diberi pelatihan menulis oleh Bapak Nurul Amin, M.Pd.I Beliau adalah pemimpin redaktur Jurnal Nur Attaqwa IKAA dan tim litbang akademik yang berpengalaman. Para guru melakukan praktik dengan langsung menulis. Alhamdulillah, bukunya sudah selesai lay out. Sekarang masih proses cetak,” imbuhnya.
Guru-guru menyambut positif pelatihan ini. Hal ini akan menambah wawasan dan keterampilan mereka dalam bidang tulis-menulis.
“Kami diminta untuk menyiapkan diri menghadapi kurikulum 2013. Salah satunya adalah dengan keterampilan menulis. Kami sangat senang dengan adanya program ini. Ke depan, kami berharap dapat membuat sendiri bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah,” ucap Ihya Ulumuddin, S. Pd. I, salah seorang guru muda di MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi.
Di samping peningkatan internal, MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi juga menyikapi kurikulum 2013 dengan peningkatan eksternal. Dalam waktu dekat ini, MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi akan mengadakan workshop seputar kurikulum 2013 dengan mendatangkan narasumber langsung dari Pusat Kurikulum, dari Kementerian Agama, atau dari Kementerian Pendidikan Nasional.
MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi juga merencanakan untuk melakukan kunjungan ke sekolah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 untuk melakukan tukar-menukar (sharing) informasi tentang teori dan pelaksanaan kurikulum 2013.
“Insya Allah, kami menyambut positif kurikulum baru yang digulirkan pemerintah. Kami akan membekali guru-guru kami agar siap mengimplementasikannya, dan mulai bulan Februari kami juga telah membuka untuk info PPDB tahun pelajaran 2013/2014 dengan menerima 5 rombel, dan ini terbatas, ucap Kepala MTs. Attaqwa 16 Kota Bekasi mengakhiri pembicaraan. (IUE-BM83)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar